Manfaat Luar Biasa Daging Kelinci Bagi Kesehatan

Share:
         Saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya tentang daging kelinci atau rabbit. saya punya seorang teman bernama Nurdin Khaelani dia teman SMP saya, lama tidak jumpa akhirnya pada suatu ketika kita di pertemukan kembali di bulan ramadhan yang penuh berkah untuk kita berdua sehingga bisa di pertemukan kembali. 

         kita banyak bercerita berbagi pengalaman dan bertukar informasi seputar dunia. dan pada akhirnya sampailah pada suatu pembahasan tentang kelinci. karna usaha teman saya adalah peternak kelinci potong dan juga sebagai penjual sate kelinci Nurdin, Awalnya geli waktu denger ada sate kelinci, karena rasa geli tersebut timbul lah rasa penasaran untuk mencicipi sate kelinci, setelah di coba ternyata rasanya lebih menyerupai sate ayam tapi tidak di sangka daging kelinci memiliki tekstur yang lembut dan gurih. 

         Setelah makan kenyang baru terfikirkan untuk mencari tau apa saja sih manfaat dari daging kelinci, setelah mencari tau dan bertanya langsung dengan Nurdin (Narasumber) ternyata banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi daging kelinci ini, Nilai gizi daging kelinci juga tinggi dan benar-benar dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, antara lain: protein, lemak, kalsium, natrium, niacin, selenium, vitamin B12, vitamin B3, dan air. mungkin banyak orang yang belum tau apa saja manfaat dari daging kelinci berikut pemaparannya :

1. Sembuhkan Penyakit Asma

Penyakit asma memang membahayakan bagi peneritanya karena bisa sampai tersengal-sengal ketika batuk. Dianjurkan bagi penderita asma untuk mengkonsumsi hati dan jantung kelinci. Hal ini karena zat ketotifen yang terkandung di dalamnya berperan mencegah kambuhnya asma secara tiba-tiba. Akan lebih baik lagi, diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Hindari pengolahan dengan cara digoreng walau terasa lebih nikmat.

2. Menambah Vitalitas Kaum Pria

Bagi yang lemah syahwat, konsumsi daging hewan berkuping panjang ini juga mendongkrak kemampuan vitalitas pria. Libido pria pun jadi lebih tinggi sehingga kualitas sperma yang dihasilkan lebih sehat dan aktif. Khasiat daging kelinci sebagai vitalitas ini berlaku juga untuk kaum hawa.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita

Kabar baik bagi Anda yang mendambakan keturunan, karena konsumsi daging kelici secara teratur akan meningkatkan kesuburan bagi wanita sekaligus meningkatkan kualitas sperma pria. Selain dagingnya, bagian yang terbaik untuk meningkatkan kesuburan wanita yaitu otak kelinci.

4. Sumber Nutrisi Yang Baik

Tak kalah dengan daging-daging dari jenis lainnya seperti daging sapi, daging kambing, daging kerbau, dll sebagai sumber nutrisi yang baik dan sehat untuk tubuh kita. Manfaat daging kelinci terkandung protein dan lemak dalam cukup besar yang bagus untuk pembangun dan proteksi tubuh.

5. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Nutrisi yang terkandung di dalam daging kelinci sangat mendukung tumbuh kembang anak. Terutama kandungan proteinnya yang berperan sebagai zat pembangun tubuh. Tumbuh kembang anak pun bisa optimal. Protein dalam daging mudah diserap oleh sistem pencernaan anak yang kemudian langsung didistribusikan sebagai elemen utama untuk membangun berbagai jaringn dan organ, terutama otot. Itulah kenapa anak yang rutin mengkonsumsi daging lebih cepat tampak bongsor.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging muda kelinci sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh meningkat sehingga tak mudah terserang oleh penyakit. Bagi yang akan mengkonsumsi daging ini, perhatikan cara pengolahannya supaya tetap berkhasiat tinggi dan manjur. Pengolahan yang terbaik tentunya dengan cara direbus. Tak hanya konsumsi daging saja, juga dibarengi dengan konsumsi sayur mayur dan buah-buahan.

7. Bagus untuk diet sehat

Kabar baik bagi yang sedang menerapkan program diet sehat, tapi tak ingin ketinggalan makan daging enak. Inilah jenis daging yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Hal ini karenan di dalam daging kelinci sangat rendah kandungan kolesterol jahatnya. Penambahan berat badan pun tak begitu signifikan.

8. Mengatasi alergi karena makanan atau cuaca

Daging kelinci juga dapat sebagai obat untuk alergi karena di dalam daging kelinci terdapat beberapa asupan nutrisi dan vitamin yang sangat berguna untuk tubuh asal di olah dengan baik dan benar.

9. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Khasiat daging kelinci untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi berkat dagingnya yang memiliki kandungan kolesterol jahat sangat rendah. Berbeda dengan jenis mamalia lainnya seperti kambing atau sapi yang kadar kolesterol dalam daging begitu tinggi. Namun, perhatikan betul cara pengolahannya karena bila digoreng justru memicu tekanan darah naik.

10. Mencegah Kanker

Khasiat daging kelinci ini berkat kandungan niacin, vitamin B12, dan selenium yang terdapat di dalam daging. Zat-zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan demikian, konsumsi rutin daging hewan herbivora ini bisa menekan terkena risiko penyakit kanker.

11. Mencegah Penyakit Jantung

Daging hewan lucu ini mengandung kolesterol tak jenuh alias kolesterol baik yang bisa menekan kolesterol jahat dalam tubuh. Mineral natrium yang terkandung dalam daging ini juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Perlu diperhatikan cara pengolahannya supaya khasiatnya tetap manjur, yang terbaik tentu dengan cara direbus atau dikukus.

Itulah manfaat luar biasa dari daging kelinci jangan pernah takut untuk mencoba daging kelici, dibalik bentuknya yang imut daging kelinci juga enak, lezat, gurih dan banyak manfaatnya untuk Kesehatan tubuh kita.

14 comments:

  1. bener nih gan faktanya? ane suka banget ama sate kelinci hehe

    ReplyDelete
  2. wah ane blom pernah ngerasain daging kelinci sama sekali,,, punya kelinci sih tapi sayang kalo dimakan :D

    ReplyDelete
  3. daging kelinci emang paling jos, apalagi di sate uenakkk

    ReplyDelete
  4. wah baru tau ane gan manfaatnya

    ReplyDelete
  5. wow gimana tuh rasanya, apa tega lihatnya

    ReplyDelete
  6. Wahh ternyata bisa juga jdi obat untuk yg punya penyakit asma

    ReplyDelete
  7. Ijin coba no 1 min buat bibi ane . moga sembuh :D ya allah

    ReplyDelete
  8. Wah nice info, aku malah baru tahu.. Sipp lah

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ternyata daging kelinci banyak manfaatnya juga .. Hehehe Nice Info (y)

    ReplyDelete
  10. Banyak banget ya manfaatnya, tapi sayangnya ane ga tega makan daging kelinci 😂

    ReplyDelete
  11. Ane tidak sanggup makan daging kelinci 😁

    ReplyDelete
  12. bukannya daging kelinci haram yak? kasian tuh kelinci dijadiin makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sebagian ada yang mengharamkan, kembali lagi semua tergantung kita menyikapinya. menurut saya halal dilihat dari manfaatnya. Keputusan ini didasari hadis yang diriwayatkan Jamaah - Nail al-Autarjus 7 hal. 137. "Dari Anas, ia berkata: Melintas di depan kami seekor kelinci di Marri Zahran, maka orang-orang mengejar dan menangkapnya, dan aku mendapatinya. Maka aku memberikan kepada Abu Talhah lalu disembelihnya. Dan ia mengirim kepada Rasulullah kedua pahanya dan beliau menerimanya."

      http://m.detik.com/food/read/2014/11/25/055036/2757953/901/konsumsi-daging-kelinci-halal-atau-haram

      Delete